Total Tayangan Halaman

Kamis, 11 September 2014

Seputar Pilkades

Hasil Wawancara Kepala Desa, Kamis, 15 Agustus 2013
Desa Kalibagor, Kecamatan Kebumen ,Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

            Sistem politik yang dipakai dalam menentukan pemimpin di desa Kalibagor yaitu sesuai dengan pilihan dari masyarakat di desa tersebut. Maka pemimpin ini disebut dengan Kepala Desa. Kepala desa ini dipilih langsung oleh masyarakat secara langsung melalui Pilkades. Pilkades yang baru saja dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2013 ini berjalan lancer sesuai dengan asas Pemilu Luber dan Jurdil. Dari 3 calon kepala desa yang mencalonkan, terpilihlah satu kepala desa yang baru yang menang terpilih berdasarkan suara rakyat terbanyak. Calon kades tersebut akan menjabat sebagai kepala desa atau kalau disini akrab disebut bapaknya desa selama 6 tahun (periode 2013-2019) dan dapat menjabat kembali satu kali dalam periode berikutnya.
Mekanisme pemilihan kepala desa di desa Kalibagor yaitu, pertama kali para calon kepala desa mencalonkan diri dengan mendaftar kepada Panitia Pilkades yang sebelumnya telah dibentuk oleh BPD. Warga yang akan mencalonkan diri harus memenuhi syarat-syarat sebagai kepala desa. Syarat-syarat tersebut antara lain :
1.      Warga desa Kalibagor yang berdomisili di desa tersebut sekurang-kurangnya 6 bulan.
2.      Usia minimal 23 tahun.
3.      Sehat Jasmani dan Rohani.
4.      Beragama.
5.      Berkelakuan baik.
6.      Pendidikan terakhir minimal SLTP/sederajat.
Setelah selesai mendaftar sebagai calon kepala desa, para calon membentuk Tim Sukses. Tim sukses ini bekerja untuk mencari massa/pendukung calon yang dijagokan. Para Calon menggali dana untuk memancing masyarakat agar memilih calon kepala desa tersebut. Para calon kades ini juga memperbaiki tingkah laku mereka. Sebelum Pilkades dilaksanakan para calon kades meminta do’a restu kepada seluruh warga desa.
            Partisipasi masyarakat Kalibagor dalam pemilihan kepala desa ini bias dibilang tinggi. Target yang ditentukan panitia yaitu 2/3pemilih yang hadir dari 3136 jiwa pemilih. Pemilih yang hadir dalam pemilihan 2300 jiwa pemilih. Kepala Desa Kalibagor baru yang terpilih yaitu Ahmad Yani. Beliau memenangkan Pilkades ini dengan jumlah suara terbanyak yaitu 987 suara. Beliau telah dilantik sebagai kepala desa Kalibagor pada tanggal 23 Juli 2013. Penyerahan Jabatan dari kepala desa yang lama ( MaksumSodiq ) pun telah dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar